Rabu, 30 September 2009

Jambi-Bengkulu Diguncang Gempa 7 SR,

Berdasarkan data yang terdapat dalam situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pukul 08.52 WIB, Kamis (1/10/2009). Gempa 7 Skala Richter ini berpusat tak jauh dari Jambi dan Bengkulu. Pusat gempa terletak di 46 km tenggara Sungai Penuh Jambi, 54 km timur laut Mukomuko Bengkulu, 86 km barat daya Bangko Jambi, 101 km barat laut Muara Anam Bengkulu dan 121 km barat data Muarabungo Jambi dengan kedalaman 10 km, tidak menimbulkan tsunami karena berpusat di darat.
Gempa terjadi akibat adanya patahan Semangko (patahan besar di sekitar Samudera Hindia) yang terletak di wilayah Sumatera. bukanlah gempa susulan dari gempa yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar) Rabu (30/9/2009) . Dilihat posisi pusat gempa jelas ada perbedaan di antara dua gempa tersebut. dilihat dari posisi, yang satu di laut (gempa Sumbar), yang sekarang di darat (gempa Jambi-Bengkulu).
Gempa yang terjadi , membuat warga Mokumoku, Bengkulu, berhamburan keluar rumah di tengah hujan besar mengguyur. Warga juga tidak henti-hentinya berteriak Allahu Akbar, Allahu Akbar! akibat gempa hari ini dan Rabu (30/9) kemarin, tembok rumah warga retak-retak. Hingga kini warga masih bertahan di halaman rumah sambil berhujan-hujan karena takut gempa susulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar