Rabu, 30 September 2009

Gempa Bumi Besar Mengguncang Sumatra Barat

Gempa bumi besar mengguncang Sumatra Barat . U.S. Geological Survey (USGS) mencatat gempa tersebut berkekuatan 7,6 SR. . Gempa terjadi pukul 17.16 WIB. pada kedalaman 71 km," berlokasi di 0.84 LS-99.65 BT atau 57 km barat daya Pariaman, Sumatra Barat. terasa hingga Johor Bahru, Malaysia & Singapura.
Dirasakan di Padang, VI-VII Modified Mercalli Intensity (MMI),Selain itu, gempa juga dirasakan di 9 wilayah lain di Indonesia, yaitu di Pekanbaru sebesar II-III MMI, Bukit Tinggi III-IV MMI, Sibolga IV, Tapanuli Selatan III-IV, Bengkulu III-IV, Liwa III-IV, Muko-Muko III-IV, Gunung Sitoli IV, dan Jakarta II MMI. Goncangan gempa skala I MMI berarti masyarakat tidak merasakan. Skala II ada beberapa yang merasakan. Skala III artinya gempa sudah mulai dirasakan. Skala IV dirasakan masyarakat banyak. Skala V-VII orang panik dan sulit berjalan. Sementara skala VIII-IX berarti bangunan ada yang roboh dan masyarakat sulit berdiri.
Kerusakan akibat gempa 7,6 Skala Richter (SR) di Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan lebih hebat dibanding gempa Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Banyak rumah di Padang hancur, termasuk rumah sakit. Beberapa rumah juga terbakar, termasuk Pasar Raya. tiang listrik juga roboh, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada warga Padang, Sumatera Barat, untuk tidak buru-buru kembali masuk ke rumah. Pasalnya, gempa susulan akan terus terjadi. Gempa susulan dg kekuatan 6.2 SR terjadi pada pukul 17.38 WIB. Titik pusat gempa di 22 Km Barat Daya Pariaman, Sumatra Barat atau 0.72LS-99.94 BT, kedalaman 110 km di bawah laut
Hotel Bumi Minang hotel bintang empat yang menjadi salah satu hotel favorit di Padang ini porak-poranda. Hotel berlantai tujuh itu kini rata dengan tanah. Hotel di Jalan Bundo Kandung 20-28 yang sebelumnya nampak anggun itu benar-benar tak berbentuk lagi.


Artikel Terkait:

Pascagempa Tasikmalaya Bawa Dua Kemungkinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar