Minggu, 17 Oktober 2010

Mengenal Tikus putih

Tikus putih atau mencit berasal dari Asia, India, dan Eropa Barat. Jenis ini sekarang ditemukan di seluruh dunia karena introduksi oleh manusia. Di alam liar tikus hidup berkelompok, tinggal di dalam liang selama musim dingin dan beraktifitas di luar selama musim semi dan musim panas. Di alam liar tikus pada umumnya hanya aktif di malam hari, namun mencit peliharaan memiliki periode kegiatan selama siang dan malam. Penggunaan

Sebagian besar tikus putih yang diperoleh dari peternak digunakan sebagai hewan laboratorium dalam penelitian biomedis, pengujian, dan pendidikan. Bahkan, tujuh puluh persen dari semua hewan yang digunakan dalam kegiatan biomedis adalah tikus. Lebih dari 1000 jenis dan strain tikus telah dikembangkan, serta ratusan mutan digunakan sebagai model penyakit manusia.

Anatomi dan Fisiologi

o Dewasa berat badan: 25 – 40 g (betina); 20-40 g (jantan)
o rentang umu: 1.5 – 3 tahun

Breeding awal tikus jantan maupun betina adalah sekitar 50 hari. meskipun mungkin betina estrus pertama mereka pada 25-40 hari. Tikus polyestrous dan berkembang biak sepanjang tahun; ovulasi spontan. Lamanya siklus estrus 4-5 hari dan estrus itu sendiri berlangsung sekitar 12 jam, terjadi di malam hari. Vagina smear berguna dalam perkawinan waktunya untuk menentukan tahap siklus estrus. Perkawinan biasanya terjadi pd malam hari dan dapat dikonfirmasi oleh kehadiran sebuah plug sanggama di vagina hingga 24 jam pasca-sanggama. Kehadiran sperma pada vagina smear juga merupakan indikator telah kawin.

Tikus betina ditempatkan bersama-sama cenderung masuk ke anestrus dan tidak siklus. Jika terkena feromon tikus jantan, sebagian besar betina akan masuk ke estrus dalam waktu sekitar 72 jam. Ini sinkronisasi dari siklus estrus dikenal sebagai efek Whitten.

Rata-rata periode kehamilan adalah 20 hari. Sebuah subur estrus postpartum terjadi 14-24 jam setelah kelahiran, dan simultan laktasi dan memperpanjang usia kehamilan usia kehamilan 3-10 hari karena implantasi tertunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar