Minggu, 25 Maret 2012

Pengin Tobat Aja Koq Repot.....

Kata orang umur 40 sudah sudah saatnya "golek dalan padhang". uban yang sudah mulai tumbuh jadi pengingat kalo kubur sudah kian dekat, harus mulai menjauhi segala kesenangan dan nikmat dunia, segala yang bernama "mendem" sudah tidak layak untuk dijalani.
Jujur saja kalo cuma mendem ciu gampang, asal nggak ngumpul sama jamaah nyekik botol mesthi bisa sembuh, yang berat itu, ngatasi...... mendem wedokan, yang satu ini ra sah panjang lebar....
Kembali ke urusan tobat, satu hoby yang sudah lama aku tinggalkan yaitu.... nyengsu... satu jenis makanan yang paling gampang didapat di jogja. Hampir tiap ruas jalan di kota budaya ini ada warung tongseng asu (anjing) alias sengsu. Alamat komplitnya nggak usah tak sebutkan, yang jelas jangan nyari di daerah kauman, nggak bakal ketemu.
sekarang aku sudah selektif banget kalo soal makanan. Lha piye di jogja itu urusan nyari makanan yang bener-bener halal ternyata nggak gampang je.... beli gudeg, ternyata di bawah tumpukan tahu, pupu, telur bercokol saren tumpuk undhung. dah ngerti belum saren itu apa? kalo orang motong ayam atau sapi, biasanya darahnya ditampung terus ditambahi garam dan sedikit cuka. kalo sudah jadi gumpalan padat, terus digoreng, itulah saren.
Dhuwit cupet pindah makan di angkringan, nasi kucing lawuh ndas
pitik, awalnya nikmat banget pas mau nyokot gulu, ternyata si leher ayam masih mulus, alias belum pernah kena pisau. "pak koq pitike durung dibeleh", sang penjual menjawab enteng "nggih mriki kula belehe". lha wong pitik sudah mateng koq mbelehnya nyusul, gendeng tenan....
Biar lebih aman ganti menu, jadi vegetarian, masuk warung makan ambil sayur kangkung, pedes jan sueger tenan. Pas sendok ngubek-ubek sang sayur.... gandrik dapat bonus uler ginuk-ginuk, biar nggak bikin ribut, uler tak pindah ke pinggir piring, biar nanti dinikmati bakule.
Urusan tobat ternyata jadi kian ruwet ketika sudah memasuki fase mencari panutan menuju jalan kebenaran. semua "pedagang" menawarkan keunggulannya. Ada yang menawarkan toleransi pada budaya warisan leluhur. menyerap segala yang dianggap hasanah sampai nggak jelas lagi jati diri agamanya, siapa yang mau disembah.
Ada lagi yang menawarkan kemurnian aqidah yang terjaga hingga ke sumbernya, namun sayangnya suka memusuhi bahkan mengkafirkan siapa saja yang tak sepaham. lha wong sama-sama menghadap ke barat aja koq nggak mau akur, gara-gara beda sekian derajat.
Berhubung bingung mau milih yang mana, akhirnya ikuti saja semua. biar hidup ini mengalir apa adanya. Berangkat tahlilan orang meninggal, pakai celana congklang, begitulah kiranya... .

1 komentar: